Khalifah Tour

Rencanakan Umrah

Rencanakan Umrah

16-01-2018 03:00 Site Admin
Salah satu hal yang kurang diperhatikan kaum Muslimin terutama yang akan melaksanakan haji atau umrah adalah serba tiba-tiba. Tak ada perencanaan waktu sebelumnya. Bahkan, sering ada yang meminta "saya ingin umrah minggu depan. Bagaimana caranya agar bisa".

Manajemen waktu kurang diperhatikan, padahal manajemen waktu sangat penting baik sebelum maupun saat menjalankan ibadah umrah. Hal ini sangat penting, mengingat ibadah umrah adalah ibadah yang membutuhkan biaya mahal, dan dilakukan kebanyakan sekali seumur hidup. Meski banyak juga yang melaksanakan umrah berkali-kali.
Tanpa manajemen waktu yang baik, sungguh penyesalan yang akan didapat jemaah umrah karena biaya yang sudah dikeluarkan tidak lah sedikit.

Saat melaksanakan umrah juga tak sedikit jemaah umrah yang menyia-nyiakan waktu. Bahkan menggunakan waktunya untuk hal-hal yang tidak berguna atau malah berdosa.
Untuk bisa menjadikan ibadah umrah yang terbaik nilainya, maka harus dimulai dari niat dan tekad. Sejak awal  hendaknya sudah berniat dan bertekad akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin saat di Mekkah dan Madinah. Bahkan juga bertekad memanfaatkan waktu dengan baik mulai keberangkatan naik pesawat hingga selesai ibadah umrah.

Niatkan ibadah umrah karena Allah sebab ayat di Alquran juga amat jelas. Yakni, hanya karena Allah seorang Muslimin melaksanakan haji maupun umrah.
 
Anda harus sadar bahwa ibadaha umrah ini adalah ibadah yang ‘langka’ yang tidak semua orang bisa melakukannya. Anda harus bersyukur sebab  Allah telah memilih Anda untuk menjalankan ibadah ini. Bahkan bisa jadi ibadah umrah ini adalah ibadah umrah terakhir. 
Selain itu, rencanakan Ibadah umrah sebab pepatah mengatakan ”Tanpa Penerencanaan sama saja dengan merencakanan kegagalan”. Tanpa perencanaan yang baik bisa menjadi ibadah umrah kurang sempurna.

Kalau perlu tulis rencana Anda dalam kertas dan jadikan sebagai janji kepada diri sendiri untuk dilaksanakan. Tulis apa saja yang akan Anda lakukan nanti di masa umrah dan target  yang akan dicapai. Kebiasaan apa saja yang akan Anda lakukan di masa umrah.
Misalnya, setiap hari bisa salat wajib dan sunah di Masjidilharam atau Masjid Nabawi ditambah dengan salat malam. Target lainnya bisa membaca Alquran bahkan mengkhatamkannya selama umrah.

Ibadah umrah  bisa menjadi jalan untuk membangun kebiasaan-kebiasaan baik termasuk perilaku yang tak menggunjing atau berkata kurang baik. Sebisa mungkin kita bertekad untuk menjadikan umrah sebagai ajang melatih kebiasaan yang baik sehingga saat pulang ke tanah air kita benar-benar terbiasa melakukan amal ibadah dan perbuatan baik lainnya. Akhirnya kita akan menjadi pribadi yang unggul yang kerap disebut sebagai umrah mabrur.
Faktor penting dalam umrah berkaitan dengan memilih teman yang rajin Ibadah. Teman sangat mempengaruhi kita dalam segala hal. Apalagi jika Anda adalah tipe orang yang tidak bisa menolak ajakan teman. Karena itu, saat ibadah haji, pilihlah teman yang rajin ibadah sehingga juga ‘ketularan’ rajin ibadah.

Saat ibadah umrah  akan menemukan banyak tipe manusia dengan latar belakang yang beragam. Ada yang rajin ibadah. Ada juga yang suka ngobrol dan ada juga yang suka belanja dan bingung memikirkan oleh-oleh untuk saudara di tanah air.

Jika benar-benar bertekad memanfaatkan waktu dengan baik, maka pasti memilih teman yang rajin ibadah. Bukannya tidak boleh jalan-jalan atau membeli oleh-oleh sebab bisa jadi oleh-oleh juga bagian dari ibadah karena nantinya akan dibagikan kepada orang lain.***

Oleh RUSTAM SUMARNA
Penulis, Direktur Biro Perjalanan Haji Plus dan Umrah Khalifah Tour