Khalifah Tour

Ziarah Bursa dan Izmir

Ziarah Bursa dan Izmir

16-01-2018 03:00 Site Admin
Apabila Anda ingin mendapatkan pengalaman baru coba lah melaksanakan ibadah umrah plus Turki atau Yordania. Betapa kita akan kagum dengan perjuangan para nabi dan kaum Muslimin terdahulu dalam menegakkan syiar Islam. Tentu saja pemandangan yang indah dan mengesankan juga tersaji.
 
Salah satu paket wisata umrah plus yang menarik adalah Turki. Namun, bisa juga Anda hanya berwisata Muslim ke Turki tanpa adanya ibadah umrah.
 
Kota Istanbul tentu saja banyak menyimpan berbagai gedung peninggalan zaman dulu dari Romawi Kuna sampai kekhalifahan Utsmani. Namun, banyak kota di Turki yang juga menarik untuk dikunjungi sehingga sangat sayang apabila dilewatkan.
 
Kota yang menarik diziarahi adalah Kota Bursa yang bisa diakses dari Kota Istanbul melalui jalan darat sekitar tiga jam. Menuju Kota Bursa juga menaiki kapal feri karena melintasi Laut Marmara. Nah, ketika berada di kapal feri ini para penumpang bisa memberikan makan kepada ratusan burung camar yang selalu mengikuti kapal feri. Burung camar yang sigap menangkap potongan roti dan mengeluarkan suara khas tentu memberikan hiburan tersendiri.
 
Bursa yang dulu menjadi ibukota pemerintahan Khalifah Utsmani merupakan kota indah yang terletak di Turki bagian barat. Dengan memiliki penduduk yang berjumlah 5.410.000 jiwa (2005), Bursa merupakan kota terbesar keempat di Turki setelah Istanbul, Ankara, dan Izmir.
 
Apa saja yang bisa dilihat di Bursa? Tentu banyak sekali. Di kota cantik ini Anda bisa mengunjungi banyak tempat bersejarah peninggalan bangsa Seljuk yang terdiri dari bangunan masjid, arsitek Ottoman masa lalu, pasar tradisional sutra dan spa alaminya. 
Selain itu, terdapat Green Mosque (masjid hijau) Bursa atau Yesil Camii  yang memiliki penampilan arsitektur yang sangat menarik. Nama Green Mosque diambil namanya dari artian keramik berwarna hijau kebiruan yang menghiasi hampir keseluruhan bangunan masjid cantik ini. Bagian depan bangunan Green Mosque ini dipenuhi oleh lantai marmer. Sedangkan di bagian kanan dan kiri aula utama terdapat ruang-ruang yang kini digunakan untuk tempat ibadah yang awalnya untuk tempat rapat kesultanan.
 
Jangan lupakan pula Gunung Uludag yang saat musim dingin dipenuhi salju sehingga bisa main salju sepuasnya. Cara mencapai Gunung Uludag cukup mudah, Anda bisa menaiki Teleferik yang bisa di jumpai di bagian timur pusat kota Bursa. Teleferik adalah suatu kendaraan umum berupa kereta gantung yang digerakkan oleh tenaga listrik yang bisa mengantarkan pengunjung naik hingga ke ketinggian.
 
Selain Kota Bursa juga bisa berziarah ke Kota Izmir yang  berlokasi di Aegean Coast di barat Turki dan kota ini merupakan kota terbesar dan terpenting di wilayah Aegean. Izmir yang berubah menjadi modern, masih mempertahankan kekayaan arkeologi dan aset sejarahnya sebagai pusat perdagangan penting di masa silam.
 
Keberagaman aktivitas dan sumber daya yang dimiliki Izmir menjadikannya tempat yang menarik untuk kunjungan wisata. Menawarkan spa dengan air panas yang menyehatkan dan laut biru dangan pantai menawan dengan bendera biru sebagai petunjuk pengaman.
Dari Istanbul ke Izmir berkisar 566 km atau 8 jam berkendara dan dari Bursa ke Izmir berkisar 330 km atau empat jam berkendara.
 
Bukan hanya gedung-gedung tua yang terawat, namun Kota Izmir juga menawarkan wisata laut dengan memakai yacht (kapal layar). Bagian selatan dari Ceme Peninsula di Izmir merupakan salah satu rute yacht utama di Turki.
 
Rute yang terbentang di antara Ceme dan Kuadas menjadi area dimana wisata yacht paling berkembang. Teluk-teluk kecil yang memanjang ke selatan di sub distrik Alacat adalah surga bagi para pecinta yacht.***
 
Oleh Rustam Sumarna,
Penulis,Direktur Biro Perjalanan Haji Plus dan Umrah Khalifah Tour